Biografi K.H. Ahmad Dahlan : Sang Pembaharu , Bapak Pendidikan (lanjutan / part 2)


K.H. Ahmad Dahlan lahir di kauman pada 1 agustus 1868 – meninggal 23 Februari 1923 pada umur 54 tahun. Merupakan putrera ke empat dari tujuh bersaudara dari anak anak K.H. Abu Bakar. K.H. abu bakar merupakan ulama dan khattib di masjid kesultanan mataram, atau yang sekarang kitra kenal dengan masjid agung Kauman yogyakarta.
               Pada masa kecilnya nama panggilannya adalah Muhammad Darwisy. Kepiawaian dan kecerdasanny sudah mulai terlihat sejak kecil, jiwa kepemimpinannya dan wawasanny yang visioner sudagh terlihat, terbukti pada usia 15 tahun ia Muhammad Darwisy sudah berangkat ke mekkah untuk menunaikan ibadah haji dan berguru untuk mencari ilmu-ilmu tentang pembaharuan Islam. Muhammad Darwisy berguru pada ulama-ulama Islam besar yang ada di Timur-Tengah seperti,  Muhammad Abduh, Al-Afghani, Rasyid Ridha dan Ibnu Taimiyah.

            Nama Ahmad Dahlan barulah ia dapat sekembalinya dari Timur-Tengah ke Yogyakarta pada tahun 1888. Selang 15 tahun ia kembali pergi ke Timur-Tengah untuk memperdalam wawasannya kembali, selama di   Timur-Tengah tepatnya di Mekkah almukarramah ia berguru pada Syeh Ahmad Khatib, bersamaan dengan itu juga ditemani oleh KH. Hasyim Asyari.
            Setelah 2 tahun memperdalam wawasannya di kota Mekkah, K.H. Ahmad Dahlan pulang kembali ke Kauman Yogyakarta lalu menikah dengan Siti Walidah (nyai. Ahmad Dahlan) dan kemudian mendirikan Organisasi Muhammadiyah pada tahun 1912. Tujuannya untuk melaksanakan cita-cita pembaruan Islam di bumi Nusantara. Ahmad Dahlan ingin mengadakan suatu pembaruan dalam cara berpikir dan beramal menurut tuntunan agama Islam. la ingin mengajak umat Islam Indonesia untuk kembali hidup menurut tuntunan al-Qur'an dan al-Hadits.
            Sekaran Organisasi Muhammadiyah telah banyak membantu mencerdaskan Umat dan Bangsa serta banyak sekali amal usaha yang telah didirikan. Ribuan perguruan dan rumah sakit serta panti asuhan telah menjadi bukti dari organisasi yang didirikan K.H. Ahmad Dahlan.
            Atas jasanya dia dianugerahi Pahlawan Nasional:
  1. Dengan organisasi Muhammadiyah yang didirikannya, telah banyak memberikan ajaran Islam yang murni kepada bangsanya. Ajaran yang menuntut kemajuan, kecerdasan, dan beramal bagi masyarakat dan umat, dengan dasar iman dan Islam;
  2. Dengan organisasinya, Muhammadiyah telah mempelopori amal usaha sosial dan pendidikan yang amat diperlukan bagi kebangkitan dan kemajuan bangsa, dengan jiwa ajaran Islam; dan
  3. Dengan organisasinya, Muhammadiyah bagian wanita (Aisyiyah) telah mempelopori kebangkitan wanita Indonesia untuk mengecap pendidikan dan berfungsi sosial, setingkat dengan kaum pria.



Biografi K.H. Ahmad Dahlan : Sang Pembaharu , Bapak Pendidikan (lanjutan / part 2) | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar